4 Tradisi Unik menjelang Ramadhan di Indonesia!

 In Fakta Event

Marhaban Ya Ramadhan! Wah… Ngga terasa ya guys, kita sebentar lagi bakal masuk ke bulan Ramadhan. Di Indonesia, bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan yang amat sangat dinanti. Selain sebagai kewajiban beribadah, bulan Ramadhan juga memiliki tradisi yang berbeda-beda di tiap perjumpaannya. Apalagi negara kita ini kaya akan tradisi yang berbeda-beda untuk menyambut bulan suci ini. Ada tradisi apa aja sih? Nah, kamu harus tahu tradisi-tradisi nusantara kita ini. Let’s go!

1. Pawai Obor

Tradisi yang satu ini kayaknya dilakukan hampir seluruh kota di Indonesia deh. Yes, pawai obor dilakukan untuk merayakan hari-hari besar islam, tidak terkecuali menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Siapa saja boleh ikut perayaan ini, dari adek-adek sampai orang dewasa juga ikut dalam satu barisan sambil bershalawat di sepanjang jalan. Nah, kalo kamu kapan terakhir kali ikut pawai obor?

2. Dugderan

 

Dugderan, tradisi dari Semarang Jawa Tengah ini jadi salah satu penanda datangnya bulan ramadhan di tengah-tengah kita nih guys. “Dug” yang berarti bunyi yang berasal dari bedug yang dibunyikan, sementara “deran” adalah suara dari mercon atau petasan yang juga menjadi bagian kemeriahan kegiatan ini. Tradisi yang udah ada lebih dari ratusan tahun lalu, sekarang ini bisa dibilang pesta rakyat bagi warga Semarang loh. Dugderan digelar satu atau dua minggu sebelum puasa dilaksanakan. Pasti meriah banget ya!

3. Meugang

Tradisi selanjutnya datang dari Aceh, Meugang. Meugang dimulai sejak zaman Kerajaan Aceh, di mana sang Raja menyembelih hewan dalam jumlah banyak dan dibagikan kepada seluruh rakyatnya. Meugang atau

0 Shares
Recent Posts

Start typing and press Enter to search

X
X