5 Fakta Acara Gelar Batik Nusantara 2019 yang bikin kamu bangga jadi Warga Negara Indonesia!

 In Fakta Event

Hello, guys! Siapa sih yang gak tau Batik? Yap! Batik itu produk ciri khas nusantara, yang masuk kedalam koleksi UNESCO sebagai warisan budaya dunia, yang pastinya gak kalah sama produk mancanegara, kali ini EB mau kasih tau kamu 5 fakta mengenai acara GBN 2019 (Gelar Batik Nusantara) yang sedang berlangsung, hari ini terakhir guys! So, buat kamu yang belum sempet kesana, jangan sampe ketinggalan!

1. Batik bukan sebagai warisan luhur yang sifatnya kuno

GBN 2019 mengusung tema “Lestari Tak Berbatas”, memiliki arti bahwa Batik sebagai warisan luhur tidak lagi berkonotasi kuno, sebaliknya Batik mencitrakan kebebasan, kedinamisan, serta keceriaan yang sesuai dengan gaya hidup di masa sekarang. Batik kini telah menjadi fashion statement bagi banyak orang, dan seiring dengan perubahan jaman, perlu adanya pelestarian dan penyesuaian untuk tetap dapat bersaing secara global sehingga para perajin Batik harus semakin kreatif dan inovatif.

2. GBN 2019 sebagai wadah untuk mempromosikan batik nusantara

Batik merupakan kerajinan asli masyarakat pulau jawa, namun dalam pengembangannya Batik telah merambah ke berbagai wilayah di Indonesia termasuk di Pulau Sumatera. Batik Sumatera memiliki corak dan motif dengan ciri khas yang mewakili budaya daerah masing-masing dan melalui pameran GBN 2019, ragam Batik dari Sumatera akan menjadi highlight utama sehingga dapat diperkenalkan kepada masyarakat luas dalam kaitannya memperkaya khasanah motif Batik Nusantara yang memiliki sejarah panjang perjalanan mulai awal diciptakan hingga proses penyebarannya di seluruh pelosok negeri.

3. Terdapat beberapa penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat

Sebagai bentuk penghargaan untuk pengrajin batik nusantara, di pelaksanaan GBN 2019, Penghargaan Yayasan Batik Indonesia di tahun ini terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu Perajin Batik Berkarya Sepanjang Masa, Pemberi Inspirasi dan Motivasi untuk Pelestarian dan Pengembangan Budaya Membatik, Pembatik Inovatif dan Kriya Pusaka. Hal ini bertujuan agar pengarjin batik nusantara terus termotivasi untuk senantiasa berinovasi.

4. Bertujuan untuk memikat daya Tarik kepada Millenial

Dalam rangka membidik generasi millennial, GBN 2019, bekerjasama dengan bermacam komunitas muda, sekolah desain busana, serta Putra Putri Batik Nusantara, mempersiapkan berbagai program menarik seperti fashion show, talkshow, dialog Batik, workshop membatik, creative corner hingga pertunjukan musik tradisional selama pameran berlangsung.

5. GBN 2019 menargetkan lebih dari 10.000 pengunjung

Pameran ini menargetkan kehadiran pengunjung sebanyak 13.000 orang dan transaksi sebesar Rp. 27,5 Milyar selama 5 hari pelaksanaan. GBN 2019 akan diselenggarakan pada tanggal 8-12 Mei 2019 di Main Lobby dan Assembly Hall, Jakarta Convention Center. Pameran dibuka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB, dengan HTM Rp. 20.000. Khusus untuk hari Kamis tanggal 9 Mei 2019, pameran ini akan dibebaskan dari tiket masuk.

Nah guys, itu 5 fakta mengenai acara GBN 2019, hari ini merupakan hari terakhir acara GBN, buat kamu yang belum tau, yuk ke JCC! Buat informasi lengkapnya, kalian bisa kepoin nih sosmednya!

Kamu bisa cari tahu lebih banyak di website mereka nih!
http://www.gelarbatiknusantara2019.com

See You At GBN 2020, guys!

0 Shares
Recent Posts

Start typing and press Enter to search

X
X