In Release

Acara “Indonesia International Toys & Kids Expo 2017” akhirnya resmi digelar di Jakarta. Acara ini diramaikan dengan kehadiran ratusan booth mainan dan produk kebutuhan bayi hingga anak-anak. Berlokasi di Hall B1 dan B2 Jakarta International EXPO Kemayoran, Jakarta, pameran berskala internasional ini berlangsung selama tiga hari penuh mulai dari tanggal 23 hingga 25 Agustus 2017. Tidak hanya pameran, acara ini juga menyajikan berbagai lomba berhadiah untuk bayi dan anak-anak, beragam acara hiburan, hingga talkshow bagi para orang tua yang hadir.

Ketua Asosiasi Mainan Anak Indonesia (AMI), Bapak Sutjiadi Lukas, mengungkapkan kebahagiaannya atas terselenggaranya acara ini, “Dari pihak Asosiasi tentunya menyambut baik adanya hubungan kerjasama bilateral antar negara dan hubungan bisnis antar pengusaha Tiongkok dan Indonesia melalui acara ini.” Ia juga menyampaikan harapan pihak AMI agar para pengusaha Tiongkok tidak menganggap Indonesia menjadi seperti „bak penampungan‟ barang-barang yang kurang bermutu, melainkan menjadikan Indonesia sebagai pangsa pasar barang yang bermutu tinggi dan berteknologi. “Ini juga menjadi ajang untuk menampilkan teknologi terbaru yang membuktikan bahwa produk dari Tiongkok juga berkualitas tinggi.” tambahnya.

Di hari pertama tepatnya pada tanggal 23 Agustus 2017, acara resmi dibuka secara seremonial dengan pengguntingan pita serta tur keliling pameran bersama para tamu VIP asal Tiongkok dan media. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi business matching antar perusahaan yang bergerak di bidang mainan bayi dan anak. Setelahnya, khusus bagi para peserta pameran dari Tiongkok, diadakan pula rangkaian seminar oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan oleh pihak swasta yakni Qualis dan Ralali.com. Isi seminar bertemakan informasi mengenai standarisasi dan perkembangan seputar industri dan bisnis mainan di Indonesia.

Adapun Lomba Rubik Anak diselenggarakan di hari kedua pameran yakni tanggal 24 Agustus 2017, di mana para peserta yang berusia 9 hingga 12 tahun saling beradu kecepatan dalam menyelesaikan Rubik “Magic Cube” Yong Jun. Selain lomba rubik, diadakan pula talkshow parenting bagi para orang tua yang dibawakan langsung oleh ahli gizi, psikolog dari RS YPK Mandiri dan dihadiri oleh selebgram anak, Micqeilla Aldercy Gui. Melalui talkshow ini, para orang tua diberikan informasi mengenai cara terbaik untuk mendidik anak dengan penuh kasih dan disiplin di periode usia emas mereka. Acara hari kedua memuncak pada babak final dan pengumuman juara lomba dan diakhiri dengan sesi pemberian hadiah dan foto bersama.

Sementara itu Lomba Bayi Merangkak diadakan pada hari ketiga pameran, tepatnya pada tanggal 25 Agustus 2017. Peserta lomba adalah bayi berusia 6 hingga 12 bulan yang berlomba merangkak untuk mencapai garis finish. Tak hanya lomba berhadiah, selama dua hari penuh acara juga dimeriahkan dengan penampilan dari Shimajiro, Pantomime Magician, serta face painting yang dapat dinikmati oleh anak-anak. Di hari terakhir ini pengunjung pameran juga dihibur dengan maternity fashion show yang secara khusus menampilkan produk-produk kebutuhan ibu dan bayi.

Indonesia International Toys & Kids Expo adalah pameran mainan berskala internasional terbesar di Indonesia yang menghadirkan pabrik-pabrik mainan yang berasal dari Republik Rakyat Tiongkok. Pameran terbagi menjadi beberapa segmentasi, yakni produk mainan, produk makanan, produk perawatan bayi, produk perabotan bayi, alat tulis dan pakaian anak-anak, alat bantu pendidikan anak, serta waralaba dan lisensi.

Acara ini tidak hanya menjadi sebuah wadah pertemuan dan pertukaran transaksi bisnis bagi para distributor, supplier, agen dan retailer bisnis mainan dan produk anak dengan perusahaan pabrikan langsung dari Republik Rakyat Tiongkok, namun juga turut menghadirkan berbagai program acara dan seminar dari berbagai sumber bagi para pengunjungnya.

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search