In Journal

Nama lengkapku Sofura Maulida, biasa dipanggil ufa. Jadi dikenalnya Ufa Sofura. Aku lahir tahun 1989 di bulan oktober tanggal 27. Kesibukan aku sekarang mengajar tari, persiapan karya untuk bulan agustus dan coaching beberapa project J dan menjaga kesehatan :p

Gimana ceritanya kamu bisa jadi seorang dancer seperti ini? Apa benar dulu sempet dilarang oleh orang tua untuk menekuni hobi ini? How come?

Awalnya sih karena aku sering menemani teman sebangku sewaktu SMA untuk latihan sampai akunya sendiri ikut-ikutan latihan lalu mulai gabung di TIM dan ikut kompetisi sampai beberapa Juri di kompetisi menawarkan aku untuk tampil di beberapa event dan ternyata aku sangat menikmati aktivitas ini. Iya sih dulu aku ga terlalu boleh menekuni bidang seni pertunjukkan karena menurut mereka ini bukan profesi yang menjanjikan dan serta khawatirnya dengan dunia entertainment yang belum begitu di apresiasi.

Sebenernya dance itu apa sih untuk kamu? Dan siapa role-model kamu yang bisa-bisanya menginspirasi kamu hingga sekarang?

Dance itu ekspresi diri aku, terkadang kalau ada ekspresi yang tidak bisa dikeluarkan dan setelah aku menari semuanya kembali menyenangkan, kebayang kan kalau aku lagi happy after dance pasti makin happy. Role model aku banyak sekali sebenarnya ada beberapa choreographer luar negeri, tidak terspesifikasi kepada satu orang tapi menurutku cerita-cerita seniman yang sangat passionate itu yang menginspirasi aku untuk lebih giat di bidang aku.

Archived from her Instagram

Bener gak sih kamu sampai bisa ke Jepang dan Jerman untuk asah bakat disana? Boleh ceritain juga gak pengalaman kamu belajar dance dimana aja? Siapa tau bisa diikuti oleh dancer pemula.

Yess. Tahun 2013 aku memenangkan passion competition for women yang hadiahnya biaya yang sangat besar untuk mengembangkan passion maka dari itu aku memilih untuk intensive course selama 5 minggu di Urban Dance Camp, Jerman. Semenjak dari sana dengan pengalaman dan ilmu yang luar biasa, ketertarikan aku untuk memperdalam dan memperbanyak pengalaman belajar tari di luar Indonesia semakin tinggi sehingga tahun 2015 aku memutuskan untuk menabung dan melakukan solo dance trip dengan biayaku sendiri ke Jepang.

Setelah itu aku lebih giat menabung kembali untuk bisa ke Los Angeles dimana semua penari dari berbagai negara kesana untuk memperdalam ilmu & skill menari. Untuk di Indonesia terutama Jakarta sendiri sudah banyak tempat-tempat les menari yang bisa diikuti, ada Gigi Art of Dance, Steps Dance Academy, Indonesian Dance Theatre dll. Ada juga studio-studio olahraga yang menyediakan kelas dance yang menurutku itu sangat bagus untuk orang-orang yang mau memulai menari dari mengenal tempo, gerakan dan melatih stamina. Kalau sudah terbiasa baru memulai kelas basic-basic tekhnik dance & choreography.

“Do your best & nothing to lose, so you’ll always be sincere in whatever you love to do”

Selama ini kamu sudah perform di banyak kesempatan dengan orang-orang inspiratif lainnya. Siapa sosok yang paling berkesan dalam kolaborasi kegiatan kamu? Why them?

Semuanya punya kesan masing-masing, aku bingung kalau dibilang siapa yang paling berkesan karena semuanya sangat berkesan. Yang pasti setiap Ulang Tahun NET TV dan menari bersama Onframe dancers untuk mengiringi international artist itu selalu berkesan, terutama Jessie J yang sangat humble.

Untuk tahap karir kamu saat ini, apa pandangan kamu untuk dunia tari atau dance di Indonesia? Apa yang bisa dilakukan untuk Indonesia?

Dance di Indonesia menurutku sekarang sudah cukup berkembang secara wadah untuk kelas dance sudah lumayan banyak namun level interest untuk mendalami tari di setiap orang menurutku belum, banyak orang yang hanya suka menari namun kurang komitmen untuk menjalankan seni tari, sehingga wawasan tentang tari yang dimiliki belum begitu dalam. Yang bisa dilakukan untuk Indonesia menurutku ya dengan sharing pengalaman ke sesama dancer, membuat karya yang baik dan tidak asal-asalan, dimulai dari diri kita sendiri juga yang ingin mendalami seni tari dan menunjukkan bahwa seni tari itu adalah kegiatan positif dengan begitu orang – orang di Indonesia lebih bisa menghargai profesi penari 🙂

Masih ada impian yang belum tercapai? Boleh cerita ke kita apa yang kamu mimpikan saat ini? Atau kamu punya kesibukan lain selain ini yang bisa kamu ceritakan?

Impian aku saat ini punya studio tari sendiri, tapi memang aku belum menyiapkan karena aku masih ingin mencari pengalaman dan belajar lebih banyak lagi di luar Indonesia maupun di dalam Indonesia. Kesibukan lain ? Sepertinya masih dalam seputar seni tari. Dari mengajar, perform, coaching atau talkshow semua tetap berkaitan dengan hal tari 😀

Terakhir, pesan yang mau kamu sampaikan untuk dancer lain dan anak muda lain yang mau menjadi seperti kamu! Dan satu quote inspiratif dari kamu.

Tetap giat berlatih, cari ilmu yang banyak, saling support ke sesame penari, jangan pernah puas, harus punya time management yang baik, attitude yang baik dan selalu melakukan etika kerja yang baik. Struggle itu pasti ada untuk menjadi lebih baik jangan bilang tidak bisa namun yang benar belum bisa.

“Bisa karena biasa J”

Thank you Ufa for sharing!
Questioned by : @tyaswidiarini @andra360 @abigailagnelia

Recent Posts

Start typing and press Enter to search